Maxxis Tires Short Guide

Pernahkah kamu berencana membeli sebuah ban dan kemudian kebingungan melihat begitu banyaknya simbol dan singkatan tertera pada ban tersebut?
Ban adalah salah satu komponen paling penting dari sepeda karena ban adalah kontak pertama sepeda ke permukaan tanah. Pemilihan ban yang tepat sangat krusial, jangan sampai kamu salah memilih ban.
Berikut ringkasan dari simbol dan singkatan dari ban Maxxis yang paling umum digunakan oleh para rider MTB.
ETRTO: European Tire and Rim Technical Organization, adalah lembaga di Eropa yang mebuat standarisasi ban, rim dan pentil, yang menggunakan satuan mm (milimeter). Angka pertama menyatakan lebar ban, angka kedua menyatakan diamater dalam ban. Misal: 61-584, berarti lebar ban 61 mm, diameter dalam ban 584 mm.
TPI: Thread Per Inch, jumlah benang yang melewati satu inch persegi dari satu lapis casing ban. TPI yang lebih kecil memberikan daya tahan dari bocor dan abrasi yang lebih baik tetapi lebih berat. TPI yang lebih besar dapat menyesuaikan dengan kondisi medan yang lebih baik, menawarkan pengendaraan yang lebih mulus dan lebih nyaman sekaligus mengurangi bobot ban.
Bead Wire: penggunaan kawat besi sebagai bead untuk memperkuat ban namun berat. Ban tidak dapat dilipat, dan banyak digunakan untuk ban DH
Bead Foldable: penggunaan serat fiber atau kevlar sebagai penguat bead. Lebih ringan dari wire bead. Penggunaan ban untuk DH, all mountain, XC
Dual Compound: Dua compound yang digunakan pada tapak ban tertentu untuk menawarkan rolling resistance yang lebih rendah dan meningkatkan cengkeraman saat menikung. Digunakan dihampir semua jenis ban.
3C MAXXSPEED: triple compound paling ringan dengan rolling resistance rendah dan tahan lama. Banyak digunakan untuk cross country
3C MAXXTERRA: triple compound menengah dengan rolling resistance yang lebih berat daripada Maxxspeed tapi menawarkan grip yang lebih baik, tapi tidak seberat Maxxgrip. Banyak digunakan untuk trail dan enduro.
3C MAXXGRIP: triple coumpound paling berat dan paling lengket dan grippy. Menggunakan compound yang lebih lembut daripada Maxxterra. Banyak digunakan untuk enduro dan downhill.
TR: tubeless ready
EXO Protection: Bahan yang sangat kuat dan tahan abrasi yang ditambahkan pada dinding samping ban (sidewall) tertentu. Kain tenun padat ini juga ringan dan sangat fleksibel, memastikan performa ban tidak terpengaruh. Gunakan EXO untuk jalur yang sangat berbatu di mana kemungkinan bocor pada dinding ban bisa terjadi.
EXO + Protection: Konstruksi EXO + menggabungkan dua bahan pelindung terbaik Maxxis: SilkShield dan EXO. Gabungan ini diyakini meningkatkan daya tahan ban dari kebocoran pada dinding dan tapak ban.
DD: double down adalah casing berlapis ganda yang dirancang khusus untuk ban enduro. Karet butyl yang disisipkan diantara 2 ply casing menawarkan kekuatan ekstra saat bead bertemu dengan ban untuk menambah kekakuan di tempat yang paling dibutuhkan sekaligus mengurangi kemungkinan bocor burp. Ban Double Down lebih ringan dari ban Downhill yang setara.
Butyl Insert: karet butyl ekstra yang memanjang dari ujung ban downhill ke dinding samping. Sisipan butil membantu mencegah pinch flat (bocor terjepit), melindungi rim dari benturan keras dan menambah stabilitas dinding samping.
WT: Ban Wide Trail adalah ban yang didesain dengan kontruksi lebih lebar dan untuk penggunaan rim yang lebih lebar (30-35 mm). Ban WT diyakini meningkatkan performa dan kenyamanan dari sebuah ban karena tapak yang lebih lebar merata menyentuh tanah. Tekanan ban yang lebih rendah juga diklaim sebagai kelebihan dari kombinasi ban WT dan rim yang lebih lebar.
Ref: disadur dan diterjemahkan dari media online oleh reps SCI

Previous Post
Next Post